Header Ads

artikelteknologiterkini

4 Cara Mencetak Foto dari Smartphone Anda

Perkembangan teknologi Smartphone, iOS ataupun Android, semakin memudahkan kerja anda, khususnya bagi anda yang selalu mobile. Smartphone, bisa dibilang menjadi multi purpose device. Jika biasanya sebelum cetak foto ataupun dokumen Anda harus menyimpannya terlebih dahulu ke dalam flashdisk. Kini Anda dapat mencetak semua file langsung dari smartphone, tanpa harus melakukan transfer file ke dalam flashdisk. Tetapi sebelum mencetak gambar dari perangkat smartphone anda, baik iOS ataupun Android, ada beberapa hal yang harus dipastikan terlebih dahulu seperti: pastikan bahwa smartphone dan printer anda tersambung melalui jaringan Wi-Fi yang sama atau sambungkan smartphone ke komputer sebagai media untuk mencetak. Selain itu, iOS dan Android memiliki aplikasi-aplikasi yang dapat mendukung kebutuhan mencetak.

4 Cara Mencetak Foto dari Smartphone Anda


1. AirPrint pada iPhone
iPhone dapat mencetak langsung pada printer yang sudah dapat mendukung aplikasi airprint, selama keduanya tersambung dalam satu jaringan Wi-Fi yang sama. Akan tetapi, anda hanya dapat melakukannya melalui aplikasi iOS yang mendukung untuk kegiatan mencetak, seperti Mail, Safari, dan Photos. Untuk mencetak, caranya dengan membuka aplikasi yang anda inginkan, ketuk ikon share yang berbentuk panah, kemudian pilih ikon printer, pilih printer yang tersedia di dalam list, kemudian pilih “Print.” AirPrint hanya support dengan iPhone, akan tetapi ada beberapa aplikasi seperti PrintCentral Pro, Printopia, dan Presto, yang memungkinkan anda mencetak dari Mac atau PC.

2. Aplikasi dari Beberapa Merk Printer
Produsen printer seperti Epson, Hewlett-Packard, Canon membuat aplikasi cetak “bawaan” yang kompatibel baik untuk Android ataupun iOS. Aplikasi ini tetap mengharuskan smartphone dan perangkat printer tersambung dalam satu jaringan Wi-Fi yang sama, tetapi tidak memerlukan komputer sebagai media penghubung. Melalui aplikasi-aplikasi tersebut dapat mencetak gambar ataupun dokumen dengan mengakses media library pada kedua platform. Sebagai tambahan, aplikasi-aplikasi “bawaan” ini dapat berintegrasi ke dalam menu “Share” pada dua platform tersebut dan menambahkan opsi cetak di dalamnya.

3. Mengaktifkan Google Cloud Print di Chrome
Google Cloud Print menggunakan aplikasi standar di Android untuk meneruskan perintah cetak ke komputer melalui browser Google Chrome. Aplikasi Cloud Print ini dapat digunakan pada perangkat Android versi 2.1 sampai seterusnya. Agar aplikasi ini dapat digunakan, anda harus melakukan konfigurasi antara komputer dengan smartphone anda. Cara untuk mengatur konfigurasi pada komputer anda adalah dengan buka Chrome, klik tombol “Menu,” pilih “Settings,” kemudian pilih “Show Advanced Settings,” lalu klik “Add Printers.” Log in dengan menggunakan Google Account pada smartphone anda kemudian klik “Add Printers” untuk menyelesaikan proses konfigurasi.

4. Google Cloud Print pada Android

Instal aplikasi Google Cloud Print yang sudah diunduh dari Google Play Store di smartphone anda. Setelah selesai menginstal, buka menu “Setting” di dalam Cloud Print dan pilih “Printing.” Ketuk “Cloud Print” dan ubah tombol switch ke posisi “On.” Begitu Cloud Print sudah diaktifkan, anda dapat langsung mencetak dari aplikasi Google yang sudah “support printing”, seperti Chrome dan Gmail. Anda dapat menjalankan langsung perintah cetak dari Chrome dengan membuka menu “Setting” kemudian pilih “Print.”

Tidak ada komentar