Header Ads

artikelteknologiterkini

Layar Kaca iPhone Retak? Coba 3 Cara Ini!

Layar kaca iPhone retak itu sangat menjengkelkan, opsi yang paling umum adalah membeli iPhone baru atau  mungkin membiarkannya selama masih bisa digunakan. Sebelum anda memutuskan untuk membeli yang baru, pertimbangkan opsi untuk memperbaikinya. Jauh lebih hebat ketimbang membeli yang baru. Bahkan anda bisa melakukannya sendiri tanpa harus membawa iPhone anda ke tempat reparasi. Layar kaca iPhone kesayangan Anda retak? Daripada membuangnya, coba 3 cara ini terlebih dahulu!


Layar Kaca iPhone Retak? Coba 3 Cara Ini!
Layar terdiri dari tiga lapisan: kaca, digitizer, dan LCD. Dalam banyak kasus, keretakan terjadi hanya di kaca bagian atas. Contoh kasus lainnya adalah jika layar tidak responsif atau layar terlihat miring, kerusakan mungkin terjadi pada digitizer atau LCD.

Memperbaiki Sendiri Layar Kaca iPhone
Memperbaiki sendiri layar kaca iPhone anda adalah pilihan paling hemat, walaupun banyak membutuhkan kesabaran dan ada resiko yang mungkin menyebabkan kerusakan iPhone anda lebih parah. Walaupun masa garansi anda sudah habis, opsi ini layak dicoba.

Peralatan (kit)  do-it-yourself tersedia di Amazon dan eBay dengan banderol dari $20 (sekitar Rp 200 ribu) sampai $50 (sekitar Rp 500 ribu). Bahkan kit yang hanya berisi layar kaca lebih murah. DIY kit sangat keren karena tidak saja berisi peralatan tetapi juga disertai dengan panduan petunjuk reparasi. Jika anda memilih untuk membeli DIY kit dari tempat yang lebih kredibel, anda bisa membeli di iFixit. Walaupun umumnya peralatan yang dijual disana lebih mahal, tetapi sudah termasuk semua perlengkapan perakitan berikut garansi. Umumnya, tiap bundel kit sudah dilengkapi dengan buku petunjuk dasar. Tetapi sudah banyak tutorial berbentuk video sudah banyak tersedia di internet, baik tutorial untuk memperbaiki iPhone 4 / 4s, iPhone 5 / 5s, dan bahkan iPhone 6.

Untuk mengganti layar kaca iPhone, anda harus melepaskan beberapa sekrup, mengangkat display dengan menggunakan alat penyedot, berhati-hati dalam melepaskan kabel pita internal, dan mengembalikan semuanya ke posisi semula. Selama proses memperbaiki, anda juga dapat mengganti beberapa bagian lain yang menurut anda sudah waktunya untuk diganti, seperti speaker, kamera depan, dan tombol home. Mengganti layar kaca iPhone bisa menjadi rumit karena harus menggunakan heat gun dan lem khusus. Jika anda tidak yakin dan percaya diri melakukannya sendiri, mungkin akan lebih baik jika menyerahkannya kepada orang yang mempunyai keahlian.

Menggunakan Jasa Service
Mengggunakan jasa service untuk memperbaiki layar kaca iPhone anda mungkin dapat mengurangi tingkat kecemasan anda. Sudah banyak toko-toko lokal yang menerima jasa reparasi iPhone, khususnya bagi anda yang tinggal di kota besar.

Serahkan Kepada Ahlinya
Opsi terakhir adalah menyerahkan kepada ahlinya, yaitu Apple. Bawa iPhone anda ke iStore terdekat di kawasan dekat anda. Biaya perbaikan dan lama pengerjaan tergantung dari diagnosa kerusakan iPhone anda.

Tips Memperbaiki iPhone Anda

  • Ingat dan hafal baik-baik letak sekrup yang anda buka dan suku cadang kecil lainnya.
  • Simpan sekrup-sekrup di mangkuk kertas kecil atau tempelkan di plester agar tidak bergeser kemana-mana.
  • Jika anda menggunakan heat gun atau hair dryer untuk mengendurkan layar kaca iPhone, pindahkan peralatan dan suku cadang yang kecil agar tidak tertiup.
  • Jangan menarik atau mencabut tiap bagian dengan agresif; lakukan secara perlahan dan tetap berhati-hati selama melepaskan komponen internal yang rentan terhadap tekanan.

Sudah coba memperbaiki layar kaca iPhone Anda yang retak? Semoga artikel ini membantu. Sebaiknya selama proses memperbaiki layar iPhone Anda dengan steps di atas didampingi oleh orang yang ahli. Selamat mencoba!

2 komentar:

  1. dmna ya tmpat jual layar kaca depan iphone yang murah

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba klik https://shp.ee/s8z5i95 insya allah murah dan berkualitas

      Hapus