Header Ads

artikelteknologiterkini

6 Perubahan Penting Pada Windows 10

Windows 10 masih tetap mudah digunakan walaupun ada beberapa perubahan. Seiring dengan perkembangan teknologi dan cepatnya perkembangan teknologi saat ini, berbagai teknologi terkini seperti yang pernah dibahas sebelumnya tentang 6 teknologi komputer terbaru abad ini, Windows 10 pun termasuk ke dalam perkembangan tersebut. Versi terbaru dari sistem operasi milik Microsoft ini kembali menggunakan tampilan antarmuka “tradisional” dengan Start menu di desktop, serta menambahkan Cortana, sang asisten virtual yang dapat dioperasikan dengan menggunakan voice-control, pusat notifikasi, dan beberapa fitur lainnya.



1. Kembalinya Menu Start
Ya, Windows 10 akhirnya mengembalikan Menu Start di desktop seperti versi-versi Windows terdahulu tetapi dengan beberapa perubahan. Jika anda mengklik tombol Start atau simbol Windows di keyboard anda, maka akan muncul pop-up menu yang tidak menutupi seluruh layar. Start menu yang baru berisi aplikasi-aplikasi interaktif menampilkan data yang selalu berubah, seperti berita, saham, dan info cuaca, yang bisa anda klik-kanan dan Remove. Anda juga dapat merubah ukuran menu Start dengan mengklik dan drag (geser) ujungnya.



2. Aplikasi Universal Windows Sekarang Dapat Beroperasi di Windows
Windows 8 memperkenalkan aplikasi jenis baru, yang waktu itu Microsoft sebut dengan aplikasi-aplikasi “Metro” yang bisa dioperasikan pada layar full-screen yang terpisah dari desktop umum anda, membuat banyak pengguna menjadi bingung dan tidak nyaman. Di Windows 10, Microsoft membuat aplikasi-aplikasi menjadi lebih berguna bagi semuanya. Aplikasi “Universal” ini dapat dijalankan di Windows pada desktop anda, tanpa harus anda merasa terganggu. Anda dapat men-download dan menginstal semua aplikasi-aplikasi tersebut dari Windows Store.



3. Mode Tablet Tersedia, tapi Opsional
Anda akan melihat tampilan desktop Windows secara default pada laptop atau PC tertentu. Tetapi Windows 10 memiliki “tablet-mode”, yaitu tampilan full-screen yang memiliki desain interface dari Windows 8 yang sangat khas. Jika anda memiliki convertible PC seperti Microsoft Surface Pro Series, anda akan dianjurkan untuk masuk dan keluar dari tablet mode ketika anda melepaskan atau memasang keyboard.



4. Cortana adalah Asisten Digital Anda yang Baru
Cortana, asisten digital yang diaktifkan dengan suara -- dinamai dari karakter kecerdasan buatan di game Microsoft, Halo -- memiliki peran penting di Windows 10. Cortana “terletak” di taskbar tepat di sebelah tombol Start, memiliki sistem pencarian menggunakan suara, dan berbagai macam fitur asisten pribadi lainnya. Cortana adalah jawaban dari Microsoft terhadap Siri milik Apple dan Google Now dari Google. Cortana dapat mengerjakan semuanya, dari voice search yang sederhana sampai membacakan email, melacak penerbangan dan reminder.



5. Charms Hilang, Notifikasi Datang
Charms Windows 8 yang muncul saat anda menggeser dari kanan atau mengarahkan mouse anda ke sudut-sudut tertentu pada layar, akan hilang di Windows 10. Sebagai gantinya, pilihan untuk mematikan komputer anda kembali hadir di Start menu, tempat mereka harusnya berada. (Di Windows 8.1, pengguna desktop juga bisa menemukan pilihan 'shut down' dengan mengklik tombol Start).

Di Windows 10, menggeserkan ke sebelah kanan pada layar sentuh akan membuka Action Center yang berisi pemberitahuan serta shortcut ke pengaturan umum seperti Wi-Fi dan kecerahan layar. Anda juga dapat mengakses Action Center dengan mengklik gelembung notifikasi di area notifikasi.



6. Task View Menampilkan Beberapa Desktop
Akhirnya, Microsoft menyamai Mac dan Linux dengan menyediakan fitur Task View yang memungkinkan anda untuk mengatur windows dan program menjadi beberapa ruang kerja. Caranya dengan mengklik ikon Task View di sebelah kanan kotak pencarian Cortana (di bagian bawah layar) atau dengan menekan ikon Windows dan Tab pada keyboard anda. Anda akan melihat tampilan dari windows yang terbuka, yang dapat anda atur menjadi beberapa desktop yang terpisah. Semisal, anda membuat tiga desktop yang terpisah untuk pekerjaan, Facebook, dan browsing.


Tidak ada komentar