Header Ads

artikelteknologiterkini

Daftar Youtuber dengan Penghasilan Terbesar

Youtube sebagai situs berbagi video telah merubah “tatanan” berinternet. Youtube kini tidak hanya menjadi tempat berbagi video yang diunggah penggunanya tetapi juga menjadi tempat mencari penghasilan.

Bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari Youtube? Youtuber adalah sebutan bagi pengguna Youtube. Youtuber yang sudah memiliki banyak subscriber biasanya akan menerima tawaran endorse dari produsen-produsen yang ingin produknya dipromosikan. Selain itu, Youtuber juga mendapatkan royalti dari iklan yang muncul selama videonya diputar.

Lalu siapa sajakah Youtuber yang memiliki penghasilan terbesar? Dalam situsnya, Forbes telah melansir daftar para Youtuber dengan penghasilan terbesar. Dikutip dari Forbes (19/10/2015), daftar tersebut dibuat berdasarkan penghasilan sebelum dipotong pajak.

Forbes juga membuat daftar berdasarkan data menurut Nielsen, IMDB, dan sumber-sumber lainnya, seperti melakukan wawancara dengan pelaku industri, agen, manajer, pengacara, dan bahkan bintang Youtube itu sendiri.

Penghitungan dibuat berdasarkan tahun pajak 1 Juni 2015 lalu. Rerata paling rendah penghasilan Youtuber tersebut adalah 2,5 juta dollar AS sedangkan paling tinggi adalah 12 juta dollar AS. Berikut adalah daftar dan penjelasan singkat tentang artis-artis Youtube dengan penghasilan tinggi.

Dimulai dari Rosanna Pansino, Roman Atwood, dan Lilly Singh yang masing-masing memiliki penghasilan sebesar 2,5 juta dolla AS. Pansino memiliki kanal tentang resep masakan yang bernama Nerdy Nummies, Roman Atwood dikenal melalui kanal miliknya yang berisi prank (candaan), sedangan kanal Singh memiliki konten yang bervariasi: video-video musik, sketsa, hingga video komedi.

Selanjutnya ada Michelle Phan dengan pemasukan sebesar 3 juta dollar AS. Phan, dikenal dengan tutorial make-up dan hair-do videonya, memiliki subscriber sebesar 7,5 juta akun.

Kemudian posisi berikutnya ditempati oleh KSI dan Rhett & Link. Dua artis Youtube ini sama-sama memperoleh penghasilan sebesar 4,5 juta dollar AS. KSI mengunggah video-video yang berkenaan dengan game, sedangkan Rhett & Link memilih iklan guyonan sebagai konten kanal mereka.

Dengan total income sebesar 6 juta dollar AS, Lindsey Stirling menempati urutan ketiga Youtuber dengan penghasilan terbesar. Lindsey terlebih dahulu dikenal lewat ajang pencarian bakat America’s Got Talent. Di kanal miliknya, Lindsey mengunggah video dirinya yang membawakan ulang lagu-lagu hip-hop dengan menggunakan biola.

Posisi kedua ditempati oleh The Fine Brothers dan Smosh yang sama-sama mendapatkan penghasilan sebesar 8,5 juta dollar AS. The Fine Brothers dikenal dengan video-video tanggapannya seperti Kids React, Teen React, Elders React, dan Youtubers React. Sedangkan Smosh, yang terdiri dari Ian Hecox dan Anthony Padilla membuat video-video komedi slapstick parodi video game dan budaya pop masa kini.

Dan akhirnya, pemuncak posisi dengan penghasilan sebesar 12 juta dollar AS ditempati oleh PewDiePie. PewDiePie yang mempunyai nama asli Felix Arvid Ulf Kjelberg ini mem-posting video-video tentang game yang dia mainkan, dan juga memberikan komentar tentang game tersebut. PewDiePie juga mendapatkan pujian karena aktif membalas komentar-komentar yang diberikan oleh para penggemarnya.

Berikut adalah rangkuman singkat Youtuber dengan Penghasilan Terbesar tahun 2015 berdasarkan Forbes.

1. PewDiePie – 12 juta dollar AS (sekitar Rp 162 miliar)

2. Smosh – 8,5 juta dollar AS (sekitar Rp 115 miliar)

3. Fine Brothers – 8,5 juta dollar AS

4. Lindsey Stirlling – 6 juta dollar AS (sekitar Rp 80 miliar)

5. Rhett & Link – 4,5 juta dollar AS (sekitar Rp 60 miliar)

6. KSI – 4,5 juta dollar AS

7. Michell Phan – 3 juta dollar AS (sekitar Rp 40 miliar)

8. Lilly Singh – 2,5 juta dollar AS (sekitar Rp 33 miliar)

9. Roman Atwood – 2,5 juta dollar AS

10. Rosannna Pansino – 2,5 juta dollar AS

Tidak ada komentar